Persembahan khusus dari The Real Akatsuki Generation
Semoga bermanfaat untuk semua

Informasi Naruto
Sumber diambil dari Naruto Databook dan data-data akurat lainnya.

Mangekyou Sharingan

Pengguna  : Uchiha Madara, Uchiha Izuna, Uchiha Itachi, Uchiha Sasuke, Hatake Kakashi





Mangekyou Sharingan adalah kemampuan doujutsu legendaris yang hanya muncul dalam beberapa anggota klan dalam sejarahnya. Masih ada misteri di sekitar Mangekyou dan klan Uchiha sendiri. Setiap pengguna mempunyai keunikan Mangekyou mereka sendiri. Persyaratan untuk memperoleh Mangekyou sangat kontroversial di alam. Setelah Uchiha Itachi membunuh Uchiha Shisui sahabatnya ia mendapatkan Mangekyou. Dia mengatakan kepada Sasuke adiknya bahwa untuk mendapatkan Mangekyou, dia juga harus membunuh teman terdekatnya. Itachi mengatakan kepada Sasuke bahwa sebuah gulungan kitab di kuil klan mereka mengungkapkan tujuan awal sebenarnya dari doujutsu. Itachi sendiri mengungkapkan bahwa mantan pemimpin klan mereka, Uchiha Madara dan adiknya Uchiha Izuna adalah yang pertama untuk memperoleh Mangekyou. Madara sendiri melakukan hal ini dengan membunuh
temannya, itu diasumsikan Izuna juga membunuh seorang kawan dekat.
Penggunaan teknik Mangekyou menguras lebih banyak chakra,dari pada semua teknik normal lainnya. Juga sebagai akibat dari penggunaan Mangekyou, pengguna secara perlahan akan kehilangan cahaya dari Sharingan mereka.
Awalnya Itachi mengatakan bahwa ada tiga orang yang menguasai Mangekyou. Setelah melewatkan waktu di time skip, Kakashi Hatake mengungkapkan dia juga telah mendapatkan Mangekyou Sharingan. Kemudian terungkap bahwa Uchiha Madara masih hidup sendiri (Tobi), dan ketiga adalah mata milik Itachi.
 

Mangekyou Sharingan memiliki bentuk berbeda pada tiap pengguna, namun masih belum bisa dipastikan apakah teknik Mangekyou Sharingan berbeda-beda pada tiap pengguna.

Mangekyou Itachi dan sasuke memiliki 3 teknik, bernama Amaterasu,Tsukuyomi, dan Susanoo.
 

Amaterasu dihasilkan oleh mata Mangekyou sebelah kanan. Amaterasu adalah teknik Ninjutsu yang menggunakan mata Mangekyou untuk membuat api hitam kuat yang dapat membakar apapun.  
Dikatakan bahwa apapun yang dilihat melalui Mangekyou akan menjadi abu.Api hitam itu sendiri adalah api yang tak bisa padam dan terus berkobar selama 7 hari dan 7 malam. Amaterasu dianggap sebagai serangan fisik terkuat Mangekyou.
Amaterasu pada Sasuke memiliki kekuatan lebih dari milik Itachi, sasuke mampu menggunakan Amaterasu selain sebagai teknik menyerang juga sebagai teknik bertahan dan menghasilkan elemen Enton.
Menggunakan amterasu sangat beresiko dan berat, menyebabkan Mangekyou mengeluarkan darah dan semakin mendekati kebutaan dari Sharingan.




Tsukuyomi adalah salah satu genjutsu yang paling kuat. Teknik ini adalah teknik khusus Mangekyou Sharingan milik Itachi Uchiha dan sasuke Uchiha. Sampai saat ini belum diketahui apakah semua Mangekyou Sharingan kecuali milik Hatake kakashi mampu melakukan genjutsu ini.

Tsukuyomi dikeluarkan dengan Mangekyou sebelah kiri. Teknik ini membutuhkan kontak mata antara pengguna dan target. Ketika dieksekusi, genjutsu ini akan memenjarakan target dalam sebuah ilusi yang benar-benar dikontrol oleh pengguna. Kecakapan Itachi dengan teknik ini telah memungkinkan dia untuk mengubah persepsi waktu dengan mudah dalam genjutsu untuk membuatnya tampak berlangsung selama berhari-hari padahal sebenarnya hanya berlangsung beberapa detik. Ini memungkinkan dia untuk menyiksa target, menyebabkan trauma mental yang akan membuat mereka tidak mampu melawan untuk jangka waktu yang lama. Hanya Tsunade telah terbukti mampu menyembuhkan kerusakan psikologis dari genjutsu ini. Tsukuyomi milik Sasuke tidak sekuat Itachi, Danzou mengatakan bahwa Tsukuyomi Sasuke tak dapat merubah persepsi orang seperti milik Itachi.
Tsukuyomi milik Itachi menampilkan bulan merah, terdapat cahaya merah di seluruh ruang ilusi dengan suasana yang berawan, memberikan latar belakang tampilan darah merah sedangkan korban dalam ilusi dberwarna abu abu dengan porsi terbalik..
Tsukuyomi diibaratkan Seperti teknik kekuatan yang tidak ada kelemahan nya, namun karena kompleksitas ilusi dan dengan kecepatan yang dijalankan,chakra sangat besar diperlukan untuk melakukannya.
Seperti teknik Mangekyou lain, Tsukuyomi membuat penggunanya semakin dekat dengan hilangnya cahaya pada sharingan.

 
Susanoo adalah teknik yang dihasilkan oleh kedua mata Mangekyou. Ini adalah teknik yang menggunakan bentuk Mangekyou untuk menciptakan sebuah momok yang akan akan mengelilingi pengguna. Momok ini mampu berfungsi sebagai pertahanan maupun serangan. 
Pada Itachi, Susanoo berbentuk momok bertulang yang besar dan membawa 2 buah senjata.
Pertama adalah Pedang Totsuka no Tsurugi yang dikatakan sebagai salah satu dari 2 pedang legenda,
Siapapun yang terkena serangan pedang totsuka akan terkurung dalam dunia ilusi selamanya.
Pedang ini digunakan itachi untuk menyegel Orochimaru saat bertarung melawan sasuke.
Kedua adalah Cermin Yata no Kagami sebagai tameng dari Susanoo milik Itachi yang dikatakan dapat menahan semua serangan.
Susanoo Sasuke mampu berkembang. Pertama kali muncul adalah saat melawan para Kage dengan bentuk momok bertulang dan belum memegang senjata apapun.
Kemunculan Susanoo milik sasuke yang kedua adalh saat melawan danzou.
Susanoo kedua ini tampak lebih memiliki bentuk dan memiliki senjata panah besar.



Teknik Mangekyou lain yang terungkap adalah Kamui.
Kamui adalah teknik yang digunakan oleh Hatake Kakashi. Teknik ini dapat memindahkan apapun menuju dimensi lain,
Dalam penggunaan pertama setelah time skip, kakashi melakukan segel tangan untuk membuka Mangekyou Sharingan.
Namun setelah melawan Deidara, Mangekyou Kakashi mampu dikeluarkan dengan sekejap.
Saat memakai teknik Kamui, Kakashi berfokus pada sebuah titik pada tubuh sasarannya. Daerah di sekitar sasaran kemudian akan mulai melengkung dan masuk ke dalam ruang dimensi lain yang dikontrol oleh Mangekyou.
Penggunaan Teknik ini sangat berbahaya untuk Kakashi karena Kamui membutuhkan chakra yang sangat besar.
Bagi Kakashi yang tidak memiliki darah Uchiha, dua kali penggunaan adalah jumlah maksimal dengan resiko kelelahan fisik yang ditanggung sangatlah besar.
Pemakain lebih dari dua kali akan menyebabkan terkurasnya chakra Kakashi dan berakibat kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar